Aplikasi Pengaduan Layanan Masyarakat Berbasis Web pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora
Abstract
Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) adalah dinas yang mempunyai tugas melaksanakan kewenangan daerah di bidang pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi serta melaksanakan tugas pembantuan yang diberikan oleh Pemerintah dan atau Pemerintah Provinsi. Sebagai Lembaga pemerintahan yang mempunyai tanggung jawab besar dan bergerak di dalam lingkungan Pemerintah Kabupaten Blora, maka Dinkominfo mempunyai tugas pokok dan fungsi yang besar dalam membangun Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Kabupaten Blora. Sayangnya, sampai saat ini Dinkominfo Kabupaten Blora belum mendokumentasikan pengaduan layanan dengan baik. Oleh sebab itu, penelitian ini akan mengembangkan aplikasi pengaduan layanan masyarakat berbasis web untuk Dinkominfo Kabupaten Blora. Metode pengembangan yang digunakan adalah waterfall. serta perangkat lunak yang digunakan dalam membangun system ini memakai bahasa pemrograman Hypertext Preprocessor (PHP) dan XAMPP sebagai koneksi ke dalam database yaitu MySQL. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu Dinkominfo Kabupaten Blora dalam mengelola data aduan layanan masyarakat di wilayahnya.
Kata Kunci : PHP, MYSQL, Kependudukan, Waterfall, Web Browser, XAMPP.