Sistem Informasi Pengaduan Jaringan Pada Dinas Komunikasi dan Informatika di Kabupaten Blora
Abstract
Dinas Komunikasi dan Informatika adalah Dinas yang mempunyai tugas melaksanakan kewenangan daerah di bidang pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi serta melaksanakan tugas pembantuan yang diberikan oleh Pemerintah dan atau Pemerintah Provinsi dimana dalam setiap kegiatannya selalu berhubungan dengan Pembangunan dan Pengembangan Sistem Informasi, Pengembangan dan Pemeliharaan Jaringan Komputer Antar Bidang, Pengelolaan Produksi Informasi dan Publikasi, Pengelolaan dan Pengembangan Komunikasi Publik. Diskominfo juga mempunyai fungsi penyediaan jaringan internet untuk masyarakat dan dinas lainnya di Kabupaten Blora. Di sini pembahasan akan berfokus pada jaringan pada dinas Kabupaten Blora. Jaringan internet berpengaruh banyak bagi dinas di Kabupaten Blora dalam melayani masyarakat. Apabila jaringan internet di kantor dinas tertentu mengalami kendala jaringan maka secara tidak langsung akan mempengaruhi kinerja pegawai dalam melayani masyarakat. Perencanaan pembangunan system aplikasi pengaduan jaringan berbasis website bertujuan untuk mengadukan masalah jaringan di kantor dinas tertentu yang mengalami kendala. Pembangunan system informasi pengaduan jaringan ini dengan maksud mempermudah pengaduan jaringan dari dinas di Kabupaten Blora kepada Dinas Kominfo Kabupaten Blora. Metode yang digunakan dalam pembangunan system informasi adalah metode Waterfall (Air Terjun) dan dengan model UML (Unified Modeling Language) menggunakan Usecase diagram sebagai gambaraan system. Dengan adanya proses yang telah dilakukan diatas dengan membuat sistem pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora maka, dengan adanya Sistem Informasi Pengaduan Jaringan, maka pengaduan jaringan di dinas di Kabupaten Blora dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus datang langsung ke kantor Dinas Kominfo. Dengan begitu pengaduan dapat diterima lebih cepat oleh Dinas Kominfo Kabupaten Blora. Sehingga mempermudah pegawai Dinas Kominfo mendapat informasi masalah gangguan jaringan di dinas tertentu dan segera untuk memperbaikinya.
Kata Kunci : Diskominfo, Kabupaten Blora, Pengaduan, Jaringan, Website