Monitoring Threats Menggunakan Huntbox dengan Metode MDR (Managed Detection and Response) pada Security Operation Center (SOC)

Authors

  • Wisnu Murti Adi Santoso Universitas PGRI Semarang
  • Noora Qotrun Nada Universitas PGRI Semarang

Abstract

 

Pusat operasi keamanan atau Security Operation Center (SOC) yang bertanggung jawab untuk melakukan praktik Cyber Threat Hunting yang merupakan praktik mendeteksi ancaman tingkat lanjut dengan mengidentifikasi, dan memahami tingkah laku threat actor dan cyber threat seperti: phising, ransomware, dan malware. Maka dari itu, untuk mempermudah praktik Threat Hunting dibutuhkannya Huntbox, sebuah platform layanan keamanan didunia cyber yang menyediakan seperangkat alat untuk memantau, menanggapi kejadian, dan deteksi ancaman. Metode yang digunakan pada Huntbox ini adalah metode MDR (Managed, Detection, and Response) solusi mengidentifikasi ancaman secara real-time untuk mengaktifkan tindakan menanggapi ancaman dengan segera untuk memusatkan, menghubungkan, dan menganalisis kumpulan data yang dihasilkan dari berbagai alat yang digunakan di lingkungan keamanan digital.

 

Kata Kunci :Pusat Operasi Keamanan, Security Operation Center (SOC), Huntbox, Cyber Threat Hunting, MDR (Managed, Detection, and Response)

Downloads

Published

2023-06-12

Issue

Section

Articles