Uji Performa Bahan Bakar Dexlite Terhadap Kinerja Mesin DieselIsuzu C190
Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah untuk meneliti performa mesin diesel dengan bahan bakar dexlite Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1.Belum adanya alat praktikum pengujian performa mesin diesel dengan beban dynotest, 2.Pengaruh waktu dan variasi beban pada dynotest terhadap performa mesin diesel ISUZU C190 dengan bahan bakar dexlite, 3.Hubungan antara daya output dengan konsumsi bahan bakar, putaran mesin, dan efisiensi pada pengujian performa mesin diesel ISUZU C190 dengan bahan bakar dexlite, 4.Hubungan antara torsi dengan konsumsi bahan bakar, putaran mesin, dan efisiensi pada pengujian performa mesin diesel ISUZU C190 dengan bahan bakardexlite. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan kelompok eksperimen Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alat praktikum pengujian performa pada mesin diesel dengan dynotest telah berhasil dibuat dan bisa digunakan untuk pengujian performa mesin diesel dengan bahan bakar yangberbeda.Hasil pengujian semakin lama waktu pengujian semakin tinggi efisiensi, dan semakin banyak beban yang diberikan semakin tinggi juga efisiensinya. Perbandingan hubungan antara daya keluar dengankonsumsi bahan bakar, putaran mesin dan efisiensi dapat disimpulkan bahwa semakin besar daya yang keluar maka semakin besar konsumsi bahan bakar yang
dibutuhkan oleh mesin diesel, semakin besar dayayang keluar maka putaran mesin akan mengalami penurunan, dan semakin besar daya yang keluar maka semakin besar efisiensi. Hasil perbandingan hubungan antara torsi dengan konsumsi bahan bakar, putaranmesin, dan efisiensi dapat disimpulkan bahwa semakin besar torsi maka semakin besar juga konsumsibahan bakar yang dibutuhkan oleh mesin diesel, semakin besar torsi maka putaran mesin akan mengalami penurunan, dan semakin besar torsi maka semakin besar efisiensi.