Pekerjaan Struktur Pierhead Pada Proyek Pembangunan Flyover Jalan RelSimpang Joglo Semar Surakarta PT. Adhi Karya

Authors

  • Amiq Ainun Najib Universitas PGRI Semarang
  • Ikhwanudin Universitas PGRI Semarang

Abstract

Jalan layang merupakan salah satu kontruksi penting yang bergerak di bidang infrastuktur. Suatu negara bisa dikatakan maju apabila mampu menyejahterakan warga negaranya baik dari sektor pendidikan, kesehatan, perekonomian dan lain sebagainya. Maka dari itu, perlu adanya pembangunan Jalan layang untuk membantu dan melayani permasalahan berbagai macam lapis masyarakat di sektor transpotasi. Dengan dibangunnya jalan layang ini diharapkan masyarakat mampu memanfaatkan fasilitas tersebut dengan sebaik mungkin. Seperti halnya visi dibangunnya instansi konstruksi transpotasi sendiri adalah mewujudkan masyarakat, bangsa dan negara yang sehat dan mendapatkan pelayanan kesehatan yang bermutu secara adil dan merata. Untuk mengupayakan hal tersebut.Melihat hal tersebut, Dinas Perhubungan Surakarta telah berdedikasi penuh kepada masyarakat dan senantiasa memberikan pelayanan semaksimal mungkin. Dengan bermodal tenaga ahli konstruksi yang berasal dari PT. Adhi Karya dan PT. WIKA, kemudian yang menjadi poin khusus dalam membedakan antara jalan layang Simpang Joglo dengan lainnya adalah jalan layang simpang joglo akan menjadi jalan layang terpanjang di indonesia. Selain untuk transpotasi kereta api, Jalan Layang Simpang Joglo juga untuk mengurangi kemacetan yang terjadi di area persimpangan.Maka dari itu, untuk meningkatkan transpotasi dan fungsional secara maksimal, Jalan Rel Layang menghubungkan stasiun Balapan Solo hingga stasiun Kadipiro dengan beberapa keunggulan. Bangunan tersebut dirancang untuk menanggulangi kemacetan yang terjadi di area persimpangan Simpang Joglo dengan memindah jalur lama ke jalur layang agar tidak adanya kemacetan yang terjadi di area persimpangan Simpang Joglo. Memadainya fasilitas Transportasi, sarana prasaran diharapkan mampu memberikan kepuasan dan kenyamana lebih bagi masyarakat dan negara. Sehingga tingkat kemajuan dalam bidang transpotasi negara semakin meningkat dan mewujudkan negara yang sejahtera. Negara yang masyarakatnya sehat pastinya akan selalu melakukan produktivitas tiap harinya.Proyek Pembangunan Rel Layang merupakan proyek jembatan beton PCI girder yang dibangun dengan panjang efektif total proyek yaitu 1,3 kilometer, dibangun di antara jalan Jl Kolonel Sugiyono,dan Jl Manunggal. proyek Rel Layang Simpang Joglo dikerjakan dengan masa pengerjaan 683 hari kerja, dengan rincian pengerjaannya yaitu pembangunan Jalan Rel Layang dan perkerasan serta pelebaran jalan. Proyek Simpang Joglo menghubungkan jalur stasiun balapan hingga stasiun kadipiro, dan juga menjadi akses surabaya dan jakarta, dengan bentang 270 meter dan tinggi 40 meter.

Downloads

Published

2024-01-09

Issue

Section

Articles