Implementasi Fuzzy Logic Pada Sensor Warna Untuk Navigasi Robot Edukasi Berbasis Mikrokontroler
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana robot pembelajaran berbasis mikrokontroler dapat digerakkan menggunakan deteksi warna dan sensor warna TCS34725. Untuk membaca nilai Merah, Hijau, dan Biru (RGB) dari berbagai warna yang terdeteksi, gunakan sensor warna TCS34725. Setelah itu, data pembacaan sensor diperiksa untuk menemukan tren dan hubungan antara nilai RGB dan rona tertentu. Nilai RGB dikorelasikan dengan tugas yang harus diselesaikan robot, seperti bergerak lurus ke depan, berhenti, berbelok, atau berputar, menggunakan aturan fuzzy. Temuan analisis menunjukkan bahwa setiap warna memiliki kombinasi nilai RGB yang berbeda. Robot diprogram untuk mengikuti aturan yang telah ditentukan ketika bertindak sesuai dengan nilai-nilai tersebut. Ketika robot mengidentifikasi warna biru peta dengan nilai Merah > 70, Hijau > 88, dan Biru > 95, misalnya, robot akan berjalan lurus. Demikian pula, robot akan merespons secara berbeda terhadap warna hitam, kuning, biru, merah muda, coklat, dan warna lainnya. Berdasarkan pembacaan sensor warna, robot dapat menyesuaikan tindakannya dengan lingkungan sekitar berkat penggunaan aturan fuzzy pada program Arduino. Seberapa dekat nilai RGB dengan nilai ambang batas yang telah ditetapkan menentukan tindakan yang diambil robot. Dengan memanfaatkan sensor warna TCS34725, robot mampu memahami lingkungan sekitarnya secara lebih kontekstual dan lebih nyaman melakukan tugas yang sesuai dengan keadaan tertentu.
Kata Kunci : Arduino, Fuzzy Logic, Robot, Sensor Warna TCS34725