Pembelajaran Microteaching Online Dalam Pengembangan Keprofesionalan Guru di Masa Pandemi Covid-19
Keywords:
Teacher Professionalism, Online Microteaching, Covid-19 Pandemic, Learning.Abstract
Salah satu upaya meningkatkan kemampuan mengajar mahasiswa adalah melalui microteaching yang dilaksanakan secara online untuk tetap menjaga kualitas kemampuan mengajar, performa mengajar dan juga pengalaman mengajar yang baik dan terstruktur. Dengan kemampuan mengajar yang berkualitas yang mempengaruhi kemampuan penguasaan kelas serta meningkatkan luaran pembelajaran sesuai standar diharapkan dapat meningkatkan daya saing melalui SDM yang mampu mengubah tantangan menjadi peluang.
Tujuan penelitian adalah pengembangan pembelajaran asesmen microteaching online sebagai upaya menyiapkan calon guru dengan ketrampilan dan pengalaman mengajar yang berkualitas di masa pandemi Covid-19 bagi mahasiswa Universitas PGRI Semarang melalui peningkatan ketrampilan mengajar. Microteaching Online sebagai upaya menyiapkan calon guru yang profesional dan berkualitas di masa pandemi Covid-19 di desain dan diterapkan dalam proses pembelajaran pada mata kuliah microteaching.