Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Shooting Sepak Bola Siswa Kelas 8 SMP Negeri 2 Ketanggungan
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk melihat secara empiris apakah penerapan model Project Based Learning (PjBL) memiliki pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar teknik shooting sepak bola pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ketanggungan. Peneliti memilih metode kuantitatif dengan desain eksperimen pretest-posttest control group, agar memungkinkannya membandingkan perubahan objektif hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kontrol. Instrumen penelitian berupa tes keterampilan shooting yang telah melalui pengujian validitas, menghasilkan koefisien antara 0,402–0,851 yang termasuk kategori valid, sehingga instrumen tersebut layak digunakan. Uji reliabilitas menunjukkan koefisien sebesar 0,688 yang tergolong tinggi, menandakan bahwa instrumen memiliki konsistensi yang baik dalam mengukur keterampilan siswa. Hasil analisis data dengan uji Wilcoxon mendapat nilai Asymp. Sig. (2-tailed) yaitu 0,000 (< 0,05), yang mengindikasikan bahwa skor pretest dan posttest terdapat perbedaan. Peningkatan hasil belajar lebih nyata terjadi pada kelas eksperimen yang menggunakan metode PjBL dibandingkan dengan kelas kontrol yang masih memakai pembelajaran konvensional. Kegiatan proyek berupa pembuatan gawang mini dari paralon terbukti tidak hanya meningkatkan keterampilan teknik shooting, tetapi juga mendorong motivasi belajar, partisipasi aktif siswa, serta memahami materi dengan lebih dalam. Berdasarkan temuan ini, kesimpulannya yaitu Project Based Learning efektif digunakan untuk membuat keterampilan shooting sepak bola pada siswa SMP Negeri 2 Ketanggungan meningkat. Penelitian ini merekomendasikan kepada guru Pendidikan Jasmani untuk lebih sering memanfaatkan pembelajaran berbasis proyek dalam proses pembelajaran, serta mendorong pihak sekolah menyediakan fasilitas dan sarana pendukung yang memadai agar kegiatan pembelajaran inovatif seperti ini dapat terlaksana secara optimal.