Pengembangan Instrumen Integrated Science Test untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP

Authors

  • Dwi Septiana Sari
  • Yeni Widiyawati
  • Indri Nurwahidah

Keywords:

integrated science test, kemampuan berpikir kritis, pembelajaran IPA.

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu aspek HOTS yang harus dikuasai oleh peserta didik SMP. Kemampuan ini dapat digunakan peserta didik untuk memecahkan permasalahan kontekstual pada pembelajaran IPA. Pengembangan instrumen untuk mengukur kemampuan berfikir kritis yang dikembangkan dalam bentuk integrated science test masih sangat kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen integrated science untuk mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan memodifikasi model Borg & Gall. Instrumen yang dikembangkan berupa soal pilihan ganda dengan menyertakan alasan jawabannya untuk mengetahui pencapaian kemampuan berpikir kritis peserta didik. Soal yang dikembangkan memuat dimensi kemampuan berpikir kritis meliputi (1) menganalisis argumen; (2) menjawab pertanyaan klarifikasi tantangan; (3) mempertimbangkan kredibilitas suatu sumber; (4) mengobservasi dan mempertimbangkan hasilnya; (5) menarik kesimpulan; (6) membuat dan menilai keputusan; (7) mengidentifikasi dan menilai istilah; (8) mengidentifikasi asumsi; dan (9) menentukan suatu tindakan. Hasil validasi ahli evaluasi, ahli materi dan guru IPA SMP menunjukkan bahwa instrumen valid dan layak digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik SMP.

Downloads

Published

2019-10-14

Issue

Section

Articles