Peningkatan Hasil Belajar IPA dan Pembuatan Kunci Determinasi Materi Klasifikasi Makhluk Hidup melalui Pendekatan Kontekstual Mandiri

Authors

  • Indriyati Indriyati

Keywords:

Pendekatan Kontekstual, Hasil Belajar IPA, Kunci Determinasi

Abstract

Masalah penelitian ini bagaimana penerapan pendekatan kontekstual mandiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA dan pembuatan kunci determinasi materi Klasifikasi Makhluk Hidup pada kelas VII G SMP Negeri 19 Semarang? serta seberapa banyak peningkatan hasil belajar IPA dan pembuatan kunci determinasi materi Klasifikasi Makhluk Hidup pada kelas VII G SMP Negeri 19 Semarang?. Tujuan penelitian: mengetahui penerapan pendekatan kontekstual mandiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA dan pembuatan kunci determinasi materi Klasifikasi Makhluk Hidup pada kelas VII G SMP Negeri 19 Semarang, serta seberapa banyak peningkatan hasil belajar IPA dan pembuatan kunci determinasi materi Klasifikasi Makhluk Hidup pada kelas VII G SMP Negeri 19 Semarang. pendekatan kontekstual mandiri/ inovatif yaitu pembuatan kunci determinasi dengan bahan materi bersumber dari siswa secara mandiri dan inovatif. Hasil: pendekatan kontekstual mandiri telah meningkatkan hasil belajar dan pembuatan kunci determinasi materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Hasil belajar IPA dari prasiklus 69,79 menjadi 76,56 pada siklus I dan 86,98 pada siklus II. Sedangkan pembuatan kunci determinasi materi Klasifikasi Makhluk Hidup meningkat dari prasiklus 69,67  menjadi 77,11 pada siklus I, dan 80,91 pada siklus II. Simpulan: pendekatan kontekstual mandiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA dan pembuatan kunci determinasi.

Downloads

Published

2019-10-14

Issue

Section

Articles