Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition Terhadap Communication Siswa SMA Negeri 11 Semarang Pada Pembelajaran Biologi Melalui Lesson Study For Learning Community

Authors

  • Siti Koimah
  • Rivanna Citraning Rachmawati

Keywords:

Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR), Lesson Study for Learning Community, Communication.

Abstract

Keterampilan abad-21 menuntut peserta didik untuk dapat meningkatkan skills agar dapat bersaing dalam ekonomi global. Keterampilan yang harus dimiliki peserta didik salah satunya adalah communication yang harus dicapai peserta didik. Pencapaian ini dapat dilakukan dengan menerapkan metode pembelajaran yang efektif yaitu melalui Lesson study for learning community yang dilakukan melalui peningkatan profesi guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) melalui Lesson study for learning community terhadap kemampuan Communication siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasy experimental design melalui teknik sampling purposive. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi Communication siswa. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 11 Semarang pada bulan April tahun pelajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil deskriptif kuantitatif variabel Communication siswa pada kelas kontrol diperoleh hasil pada pertemuan 1 dengan nilai 64,58 dan pada kelas eksperimen dengan nilai 73,27 dan untuk pertemuan 2 diperoleh hasil nilai kelas kontrol sebesar 66,40 dan kelas eksperimen sebesar 78,55. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan Communication siswa yang signifikan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) melalui Lesson study for learning community dapat meningkatkan kemampuan Communication siswa.

Downloads

Published

2019-10-14

Issue

Section

Articles