Profil TPACK Guru SD Negeri Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Tahun 2018
Keywords:
TPACK, Pengintegrasian Teknologi Pembelajaran, Analisis Profil TPACK Guru .Abstract
Untuk menghadapi era Revolusi Industri 4.0 guru harus membekali diri dengan memiliki kemampuan pengajaran dan menciptakan pembelajaran yang mampu memfasilitasi siswa dalam menyongsong era tersebut. Untuk menjawab tantangan tersebut, sebuah kerangka teoritis penting yang muncul saat ini dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi oleh guru adalah Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK).. TPACK merupakan sebuah kerangka kerja untuk peneliti dan praktisi pendidikan, dalam upaya untuk mengemas dan mengembangkan model pembelajaran agar tercapai tujuan pembelajaran melalui proses yang lebih baik. Pengetahuan teknologi, pedagogi, dan konten/materi pengetahuan, seyogianya terintegrasi dalam diri seorang guru. TPACK sangat diperlukan dalam menghadapi Tantangan Guru Mengajar Siswa Milenial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil guru SD Negeri di Kecamatan Tengaran, untuk menganalisis guru dalam mengintegrasikan teknologi ke pembelajaran dan untuk mengetahui tingkat kemampuan guru dalam hal mengintegrasikan pengetahuan konten, pedagogi, serta teknologi untuk kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan analisis Technology Pedagogical Content Knowledge (TPACK), hasil penelitian menunjukkan untuk setiap kerangka TPACK, komponen Pengetahuan Pedagogi (PK) dan komponen Kandungan (CK) 33,64 mendapat rata-rata tertinggi dengan skor 34,5 dan 33,64 dengan kriteria cukup, sedangkan untuk komponen Teknologi Pedagogi Pengetahuan (TPK), Pedagogi Pengetahuan Kandungan (PCK), mendapat rata-rata terendah yaitu skor 28,4 dan 29,3 dengan kriteria rendah. Maka dapat di simpulkan, hasil penelitian menunjukkan rata-rata keseluruhan kemampuan guru dalam ke tujuh kerangka TPACK memiliki skor 31.68 dengan kriteria cukup.