Penguatan Pemikiran Ilmiah Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Karya Ilmiah Remaja di SMA Negeri 2 Semarang
Keywords:
Penguatan Pemikiran Ilmiah, Karya Ilmiah Remaja, SMA N 2 SemarangAbstract
Penguatan pemikiran ilmiah adalah salah satu tindakan yang dapat membangun dan membuat siswa generasi emas bangsa ini menjadi kritis, serta bijak dalam mengambil keputusan, yang mana penerapannya tidak hanya dilakukan melalui proses belajar mengajar saja tetapi dengan Kegiatan ekstrakulikuler Karya Ilmiah Remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pikir ilmiah di SMA N2 Semarang khususnya dalam kegiatan ekstrakulikuler Karya Ilmiah Remaja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dengan metode observasi dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA N 2 Semarang dengan sampel penelitian anggota kegiatan ekstrakulikuler Karya Ilmiah Remaja. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penguatan pemikiran ilmiah di SMA Negeri 2 Semarang kategori sangat baik, dan kritis dalam analisis kasus. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penguatan pemikiran ilmiah di SMA Negeri 2 Semarang dalam kategori sangat baik dna kritis dalam analisis kasus.