Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Sistem Ekskresi untuk Mengetahui Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA N 1 Semarang

Authors

  • Sajaya Sajaya
  • Setiyowati Setiyowati

Keywords:

Motivasi belajar, Sistem Ekskresi, CT

Abstract

Motivasi belajar dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) merupakan salah satu aspek penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Berdasarkan observasi di kelas XI MIPA 7 SMA N 1 Semarang menunjukkan bahwa tingkat motivasi belajar yang dimiliki siswa terhadap materi sistem ekskresi masih rendah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas XI di SMA N 1 Semarang pada materi sistem ekskresi. Metode penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara dengan menggunakan analisis kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 7 SMA N 1 Semarang tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan guru, catatan lapangan, dan lembar observasi motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan Motivasi Belajar Klasikal Keseluruhan (MBKK) yaitu 36% sebelum diterapkan model pembelajaran CTL menjadi 87% setelah diterapkan model pembelajaran CTL. Peningkatan MBKK juga diikuti peningkatan Motivasi Belajar Klasikal Setiap Indikator Motivasi (MBKSI) meliputi minat  20% (sebelum) menjadi 72% (sesudah), perhatian 64% (sebelum) menjadi 97% (sesudah), konsentrasi 47% (sebelum) menjadi 95% (sesudah) dan ketekunan 75% (sebelum) menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI pada materi sistem ekskresi.

Downloads

Published

2019-10-14

Issue

Section

Articles