Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pra-pembelajaran IPA di SMPN 12 Semarang
Keywords:
Pendidikan Karakter, Kegiatan Pra-Pembelajaran, SMPN 12 Semarang.Abstract
Pendidikan karakter adalah suatu sistem pendidikan untuk menanamkan nilai-nilai karakter tertentu kepada peserta didik yang didalamnya terdapat komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, serta tindakan untuk melakukan nilai-nilai tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali dan mengkaji informasi tentang pengembangan habituasi pendidikan karakter serta memahami implementasi penguatan pendidikan karakter dalam pembentukan kepribadian siswa melalui pra-pembelajaran IPA diluar kegiatan belajar mengajar. Penelitian dilakukan di SMPN 12 Semarang. Pendidikan karakter di SMPN 12 Semarang dilaksanakan setiap hari dengan kegiatan yang berbeda-beda termasuk pada kegiatan pra pembelajaran IPA disetiap kelasnya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Data diperoleh dari hasil pengamatan secara langsung dan interview dengan key informant: guru mata pelajaran IPA, dan siswa. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa penguatan pendidikan karakter di SMPN 12 Semarang khususnya dalam pra-pembelajaran IPA dikategorikan baik.