BOVIOLA (Book Of Violation) Sebagai Upaya Meningkatkan Kedisplinan Siswa SMA Kesatrian 1 Semarang Dalam Pembelajaran Biologi

Authors

  • Sinta Dewi Nur Aini
  • Nur Izzah Nafisah
  • Fitri Rahmawati

Keywords:

Boviola, Kedisiplinan, Pembelajaran Biologi.

Abstract

Pendidikan karakter adalah proses pemberian, penanaman, serta pembentukan karakter yang dilakukan guru untuk siswa. Disiplin merupakan tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai peraturan yang telah ditentukan khususnya pada pembelajaran biologi di SMA Kesatrian 1 Semarang, sedangkan tanggung jawab ialah sikap atau perilaku dalam melaksanakan kewajibannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan BOVIOLA (Book Of Violation) dalam pembelajaran biologi sebagai upaya meningkatkan kedisiplinan siswa di SMA Kesatrian 1 Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitan ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan populasi siswa SMA Kesatrian 1 Semarang dengan sempel X MIPA 2 dengan metode observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan BOVIOLA (Book Of Violation) dalam pembelajaran biologi di SMA Kesatrian 1 Semarang dengan sempelĀ  X MIPA 2 dalam kategori baik. Dengan aadanya BOVIOLA (Book Of Violation) merupakan media eksternal pengontrol kedisiplinan siswa yang dapat memudahkan guru dalam mengontrol kedisiplinan siswa, disamping itu siswa juga mampu menyadari tingkat kedisiplinan dirinya sendiri karena dapat mengetahui poin pelanggaran yang mereka dapatkan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa BOVIOLA (Book Of Violation) termasuk buku tata tertib yang efektif dan layak digunakan sebagai media eksternal pengontrol kedisiplinan siswa dalam pembelajaran biologi di SMA Kesatrian 1 Semarang dalam kategori baik.

Downloads

Published

2019-10-14

Issue

Section

Articles