Pembinaan Bahasa Indonesia untuk Mempermudah Siswa Papua dalam Pembelajaran Sains
Keywords:
pembinaan, bahasaAbstract
Siswa SMA Santo Michael terdiri atas 90% orang Papua. Dalam pembelajaran di kelas siswa Papua memerlukan adaptasi karena adanya perbedaan bahasa oleh guru dalam penyampaian materi. Upaya yang dilakukan sekolah yaitu menerapkan pembelajaran berbasis tutor yang dilaksanakan setelah usai pembelajaran regular untuk meningkatkan kemampuan bahasa sehingga materi yang disampaikan guru dapat dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembinaan Bahasa Indonesia berbasis tutor bagi siswa Papua di SMA Santo Michael Semarang. Metode yang dipakai dalam penelitian ini dengan obeservasi dengan lembar wawancara dan dianalisis secara kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di SMA Santo Michael dengan sempel semua Papua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembinaan Bahasa Indonesia terlaksana dengan baik. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembinaan Bahasa Indonesia terlaksana dengan baik.