Pengembangan Buku Ajar Berbasis PPK untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Karakter Siswa Di SMP Negeri 9 Bengkulu Selatan

Authors

  • Selpa Haryanti
  • Rusdi Hasan

Keywords:

Buku ajar, kemampuan berpikir kritis, karakter.

Abstract

Penelitian ini bertujuan  mengembangkan buku ajar biologi kelas VII  berbasis PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan karakter siswa di SMP N 9 bengkulu selatan. Buku Ajar ini memuat langkah-langkah Student Center Learning (SCL) dimana peserta didik diberi permasalahan sebelum kegiatan dimulai dan menggunakan model pengembangan Four-D, yang terdiri atas empat tahap utama yaitu pendefinisian (Define), perancangan (Design), dan pengembangan (Develop). Subjek penelitian ini adalah siswa SMP N 9 Bengkulu Selatan. Uji terbatas dilaksanakan di kelas VIIA,VIIC, dan VIID mewakili masing-masing kelas. Uji luas dilaksanakan dikelas VIIB. Instrumen penilain yang digunakan adalah hasil validasi ahli untuk disain dan materi, angket untuk respon peserta didik tentang kepraktisan buku ajar, dan hasil kemampuan berpikir kritis untuk melihat keefektifan buku ajar. Hasil penelitian diperoleh bahwa buku ajar yang dikembangkan memeuhi unsur valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan karakter siswa di SMP N 9 Bengkulu Selatan. Dengan demikian buku ajar yang dikembangkan dapat digunakan untuk pembelajaran di SMP Negeri 9 Bengkulu Selatan dan sekolah lainnya dengan klaster yang sama.

Downloads

Published

2019-10-14

Issue

Section

Articles