Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis, Motivasi dan Keaktifan Siswa di SMP N 5 Seluma

Authors

  • Tessy Furmanti
  • Rusdi Hasan

Keywords:

Kemampuan berpikir kritis, motivasi belajar, inkuiri terbimbing.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis, motivasi dan keaktifan siswa di SMP N 5 Seluma. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 5 Seluma. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII2 dan VIII 3 yang berjumlah 64 orang siswa yang terbagi kedalam dua kelas, satu kelas sebagai eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Test Post-Test Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes essai untuk mengukur kemampuan berfikir kritis dan angket untuk mengukur motivasi belajar dan keaktifan siswa. Analisis data menggunakan uji uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis, motivasi dan keaktifan siswa di SMP N 5 Seluma. Hasil belajar, motivasi belaja dan keaktifan siswa selama belajar dengan model inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada siswa pada kelas control.

Downloads

Published

2019-10-14

Issue

Section

Articles