Buku Ajar Berbasis PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Karakter Siswa

Authors

  • Karneli Karneli
  • Rusdi Hasan

Keywords:

Aktivitas, Buku Ajar, Karakter, Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berfikir Kritis, Karakter.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar yang valid, praktis dan efektif pada mata pelajaran IPA (Biologi) dengan materi Sistem Organisasi Kehidupan dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam upaya menumnbuhkembangkan kemampuan berfikir kritis dan karakter siswa. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 02 Seluma. Sampel penelitian di ambil pada semester genap yang terdiri dari 3 kelas yang memiliki jumlah siswa 102 orang yang dibagiĀ  menjadi dua kategori yaitu tahap uji terbatas dengan 12 siswa dan tahap uji luas dengan 90 siswa. Prosedur penelitian dan pengembangan mengacu model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahap pengembangan, yaitu tahap pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop), dan penyebaran (Desseminate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar yang dikembangkan valid, praktis, dan dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis. Pengembangan buku ajar terdistribusi dengan normal dan homogen, serta hasil observer pada karakter siswa mandiri dan gotong royong dalam kategori sangat baik yaitu 3,25 dan kemampuan berfikir kritis yang dimiliki siswa pada kategori sangat kritis dengan rata-rata pada uji terbatas 3,4 kategori sangat kritis dan pada uji luas memperoleh 2,9 kategori kritis. Hal ini menyatakan bahwa dengan buku ajar dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa dan karakter yang baik yaitu karakter mandiri dan gotong royong sehingga siswa lebih memahami materi pelajaran dengan baik dan memiliki karakter dengan baik.

Downloads

Published

2019-10-14

Issue

Section

Articles