Penguasaan Konsep Biologi, Keaktifan dan Minat Siswa pada Pembelajaran Biologi dengan Peta Konsep melalui Model Concept Attainment
Keywords:
Model Concept Attainment, peta konsep, pemahaman konsep, keaktifan, minat belajar.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep, keaktifan siswa, dan minat belajar siswa pada pembelajaran yang menggunakan menggunakan peta konsep melaui model concept attainment di SMAN 7 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Sampel penelitian sebanyak tiga kelas X SMA Negeri 7 Bengkulu tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 105 orang. Dua kelas merupakan kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol (STAD). Penelitian dilakukan pada pembelajaran dengan materi Plantae. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi untuk melihat keaktifan belajar siswa, tes essai untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep dan angket untuk mengukur minat belajar. Data dianalisis menggunakan uji Anova satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa yang belajar menggunakan peta konsep melaui model concept attainment secara signifikan lebih tinggi daripada kelas kontrol Kemampuan pemahaman konsep siswa pada kelas eksperiman memperoleh nilai rata-rata hingga 85 diatas rata-rata KKM. Keaktifan siswa pada pembelajaran dengan model Concept Attainment juga lebih tinggi daripada kelas kontrol. Minat belajar siswa dengan model Concept Attainment menggunakan peta konsep memiliki skor tertinggi yaitu 78.38 dengan kategori tinggi sedangkan pada kelas kontrol 65.34 dengan kategori sedang.