Pengaruh Pembelajaran Model Inkuiri terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif Siswa di SMK Negeri 2 Pagar Alam

Authors

  • Deni Ramadhan
  • Rusdi Hasan

Keywords:

Aktivitas siswa, hasil belajar kognitif, inkuiri, inkuiri terbimbing

Abstract

Inkuiri merupakan salah satu model pembelajaran yang telah banyak diterapkan untuk menumbuhkan keaktifan siswa belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan dua model pembelajaran inkuiri, yakni inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas termodifikasi terhadap aktivits dan hasil belajar kognitif siswa pada materi Difusi dan Osmosis. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai April 2019 di SMK Negeri 2 Pagar Alam pada kelas XAP1 (model inkuiri terbimbing), XAP2 (model inkuiri bebas) dan XAP3 (model konvensional). Penelitian ini menggunakan pretes-posttest experiment design. Hasil belajar kognitif siswa diperoleh melalui tes essay sedangkan aktifitas siswa diperoleh menggunakan instrumen berupa lembar observasi. Data di analisis menggunakan uji Anava dilanjutkan dengan uji post hoc. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas termodifikasi terhadap aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung.

Downloads

Published

2019-10-14

Issue

Section

Articles