Keterampilan Proses Sains menggunakan model Quantum Learning dan Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran IPA Di SMP Negeri 03 Kepahiang
Keywords:
Keterampilan Proses Sains, Model Quantum, Problem Based Learning (PBL), Pembelajaran IPA.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keterampilan Proses Sains dengan menggunakan model Quantum Learning dan Problem Based Learning (PBL). Dilaksanakan pada bulan Februari-April 2019 pada mata pelajaran IPA di SMPN 03 Kepahiang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Test Post-Test Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas 9a dan 9b jumlah 52 orang yang terbagi dalam dua kelas, yaitu 1 kelas sebagai kelas eksperimen dan 1 kelas sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian dengan menggunakan instrument berupa tes Pilihan Ganda dan lembar observasi. Data dianalisis dengan menggunakan uji ANOVA satu Jalur (One Way ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran konvensional dengan Quantum dengan nilai rata-rata secara berurutan 23,86 ; 21,25. Model pembelajaran Quantum dan Problem Based Learning (PBL) dapat diterapkan dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada mata pelajaran IPA dibandingkan model pembelajaran Konvensional.