Perbedaan Kemampuan Kognitif Siswa dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL), Project Based Learning (PjBL) dan Inkuiri Di SMP Negeri 24 Bengkulu Utara
Keywords:
Kemampuan Kognitif, Minat Belajar, Problem Based Learning, Project Based Learning (PjBL) serta Inkuiri.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan kognitif belajar siswa pada mata pelajaran IPA Terpadu menggunakan Problem Based Learning (PBL), Project Based Learning (PjBL) dan Inkuiri. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 24 Bengkulu Utara Kelas VIII yang berjumlah 101 orang siswa yang terbagi ke dalam tiga kelas, yaitu kelas VIIIA, VIIIB dan VIIIC. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Test Post-Test Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes obyektif (pilihan ganda) dan essay untuk mengukur kemampuan kognitif dan angket minat belajar siswa. Kemudian data dianalisis menggunakan uji One Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat perbedaan kemampuan kognitif dan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA Terpadu menggunakan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) serta Inkuiri. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih baik dalam meningkatkan kemampuan kognitif dan minat belajar siswa.