Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri dan Audiovisual MTs Negeri 1 Bengkulu Tengah

Authors

  • M. Romli
  • Endang Sulaiman
  • Tomi Hidayat

Keywords:

Inkuiri, Audiovisual, Kemampuan berpikir kritis, Pembelajaran IPA, struktur tubuh tumbuhan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dan audiovisual dalam pembelajaran IPA pada materi struktur tubuh tumbuhan. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN I Bengkulu Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari kelas VIII A yang berjumlah 30 siswa dan VIII B yang berjumlah 30 siswa. Siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen 1, kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar tes uraian untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Uji one way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajara nsetelah dilakukan tindakan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan kelas kontrol, (2) setelah diadakan uji anova bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikansi terhadap kedua kelas tersebut, khususnya mata pelajaran IPA pada materi struktur tubuh tumbuhan secara deskriptif kegiatan pembelajaran IPA yang menggunakan model pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran dapat meningkatkan berpikir kritis siswa disbanding kelas yang hanya menggunakan metode diskusi biasa (konvensional).

Downloads

Published

2019-10-14

Issue

Section

Articles