Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Number Head Together (NHT), Think Pair Share (TPS) dan Jigsaw Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa di SMPN 21 Bengkulu Utara
Keywords:
Kemampuan Kognitif, Minat Belajar, NHT, TPS dan Jigsaw.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penerapan kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran IPA Terpadu menggunakan Numbered Head Together (NHT), Think Pair Share (TPS) dan Jigsaw. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Populasi dala penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 21 Bengkulu Utara Kelas VIII yang berjumlah 93 orang siswa yang terbagi ke dalam tiga kelas, yaitu kelas VIIIA, VIIIB dan VIIIC. Desain penelitian yang digunakan adalahPre-Test Post-Test Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes obyektif (pilihan ganda) dan essay untuk mengukur kemampuan kognitif dan angket minat belajar siswa. Kemudian data dianalisis menggunakan uji One Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat perbedaan kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran IPA Terpadu menggunakan Numbered Head Together (NHT), Think Pair Share (TPS) dan Jigsaw. Model pembelajaran Think Pair Share (TPS) lebih baik dalam meningkatkan kemampuan kognitif dan minat belajar siswa dibandingkan dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Jigsaw.