Pengembangan Bahan Ajar Science Teacherpreneurship Berbasis Karakter Bagi Mahasiswa Pendidikan IPA
Keywords:
bahan ajar, karakter, science teacherpreneurshipAbstract
Pengembangan karakter sangat penting dalam dunia pendidikan, terutama di perguruan tinggi. Pengintegrasian pendidikan karakter dapat dilakukan melalui bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran untuk membentuk karakter mahasiswa. Pendidikan karakter diberikan kepada mahasiswa program studi Pendidikan IPA, salah satunya melalui mata kuliah science teacherpreneurship. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar science teacherpreneurship berbasis karakter bagi mahasiswa pendidikan IPA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model ADDIE. Adapun tahapan-tahapan penelitian model ADDIE yaitu (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluation. Pada tahap analysis diketahui bahwa mahasiswa memerlukan bahan ajar yang sesuai dengan standar kelayakan, meliputi (1) kelayakan isi, (2) kebahasaan, (3) sajian, dan (4) kegrafisan. Selanjutnya, rancangan pengembangan bahan ajar yang berisi tentang integrasi pendidikan karakter disajikan pada tahap design. Pada tahap development, dilakukan validasi terhadap bahan ajar yang dikembangkan menggunakan lembar validasi bahan ajar untuk memperoleh penilaian, masukan, saran, dan perbaikan. Hasil validasi ahli terhadap bahan ajar diperoleh rata-rata skor 4,78 dengan kriteria valid. Pada tahap implementation, bahan ajar yang sudah valid diterapkan dalam pembelajaran. Penerapan dilakukan pada kelompok kecil untuk mendapat masukan dari mahasiswa sebagai bahan perbaikan. Pada akhir penelitian, dilakukan evaluation berdasarkan tahapan-tahapan pengembangan bahan ajar yang sudah dilakukan untuk memperoleh bahan ajar science teacherpreneurship berbasis karakter yang valid dan layak digunakan dalam pembelajaran bagi mahasiswa pendidikan IPA.