Pemanfaatan Kearifan Lokal Jawa dan Game Edukasi untuk Mengembangkan Kemampuan Sains pada Anak Berkebutuhan Khusus
Keywords:
kearifan, jawa, game, sains, difableAbstract
Setiap orang memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan dasar setiap manusia untuk menjamin keberlangsungan hidup agar lebih bermartabat. Hak untuk mendapatkan pelayanan pendidikan merupakan hak universal dan meluas yang dimiliki oleh semua anak, remaja dan dewasa baik oleh yang non disabilitas maupun yang memiliki perbedaan dalam kemampuan (difabel) seperti yang tertuang pada UUD 1945 pasal 31 (1).Penelitian ini bertujuan untuk melakukan strategi pengembangan kemampuan sains pada anak berkebutuhan khusus dengan pemanfaatan kearifan lokal jawa berbasis game edukasi. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk menciptakan suatu proses pembelajaran dan media pembelajaran berbentuk game edukasi yang bisa membantu anak-anak berkebutuhan khusus untuk mengenal dan mempelajari ilmu sains dalam kehidupan mereka. Berdasarkan hasil penelitian terhadap anak-anak berkebutuhan khusus yang ada di Panti II Yayasan Sayap Ibu Yogyakarta menunjukkan bahwa anak-anak tersebut mengalami ketertarikan terhadap proses pembelajaran sains yang dilakukan. Hal ini bisa terlihat dari hasil observasi keaktifan belajar yang dilakukan ketika proses pembelajaran berlangsung dengan indikator meliputi keaktifan dalam proses tanya jawab, kesiapan dalam mengikuti proses pembelajaran, dan perhatian terhadap setiap penjelasan. Berdasarkan hasil observasi terhadap indikator tersebut rata-rata setiap anak memiliki rata-rata nilai keaktifan belajar sebesar 3 dan hal ini menunjukkan bahwa keaktifan belajar anak-anak tersebut sangat baik.