Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Sobron A N
  • Bayu Bayu
  • Rani Rani
  • Meidawati Meidawati

Keywords:

Pengaruh, Daring Learning, hasil belajar IPA.

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Pembelajaran Daring Learning dapat di pahami sebagai pendidikan formal yang diselenggarakan oleh sekolah dasar yang peserta didiknya dan instrukturnya (guru) berada di lokasi terpisah, sehingga memerlukan sistem telekomunikasi interaktif untuk menghubungkan keduanya serta berbagai sumber daya yang diperlukan didalamya. Penelitian ini bertujuan untuk menghubungkan pembelajaran berbasis Daring Learning dengan menggunakan aplikasi edmodo terhadap mata pelajaran IPA pada siswa kelas VI SD Negeri 03 Karanglo Tawangmangu. Metode penelitian ini menggunakan teknik analisis data pre eksperiment dengan desain intact grup comperison. Populasi yang diambil adalah kelas VI yang berjumlah 26 siswa terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas VI A yang berjumlah 13 siswa menjadi kelas eksperimen sedangkan kelas VI B yang berjumlah 13 siswa menjadi kelas kontrol, yang menunjukkan nilai mean pada kelompok eksperimen 89,62 sedangkan pada kelompok kontrol 80,77, dengan selisih 8,85. Hasil analisis dengan mann whitney memiliki p value 0,000<0,05 yang berarti adanya pengaruh Daring Learning terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA, sehingga dapat disimpulkan adanya perbedaan yang signifikan antara pembelajaran Daring Learning edmodo dengan pembelajaran Konvensional.

Downloads

Published

2019-10-14

Issue

Section

Articles