Profil Scientific Reasoning Skill dan Ecology Intelegent Mahasiswa Calon Guru Biologi
Keywords:
Scientific reasoning skill, ecology intelegent, pengetahuan lingkugan, mixed methods.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil keterampilan penalaran ilmiah dan eocolgy intelegent mahasiswa. Metode Penelitian menggunakan mixed methods dengan unjuk kerja baik dengan menggunakan analisis secara kuantitatif maupun kualitatif. Desain dalam penelitian ini menggunakan desain embedded. Penelitian ini meliputi validator yang terdiri dari ahli materi dan ahli perangkat pembelajaran, 1 orang praktisi pendidikan tinggi, dan eksperimen dengan sampel berjumlah 20 mahasiswa. Instrumen yang digunakan meliputi: angket, observasi, wawancara dan tes. Eksperimen menggunakan satu kelas yang terdiri dari 30 siswa. Teknik analisis dan pengolahan data yang digunakan selama penelitian adalah analisis deskriptif, teknik persentase dan uji variabel independen sample. Prosedur dalam penelitian ini melakukan hal-hal yang di perlukan dalam pelaksanaan penelitian seperti menyiapkan format angket, observasi, wawancara guru dan siswa, dan eksperimen dengan pretest dan posttest untuk keterampilan penalaran ilmiah dan ecolgy intelegent pada pembelajaran pengetahuan lingkungan. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dan data hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan: 1) karakteristik atau ciri khas keterampilan penalaran ilmiah mahasiswa di program studi pendidikan biologi Universitas Muhammadiyah Bengkulu, meliputi penalaran deduktif dan induktif dengan persentase skor rata-rata aspek penalaran kategori sedang 67,3%, aspek sikap percaya diri dalam science 71,40%; kemampuan ecolgy intelegent berkualifikasi “sangat baik”.