Perbedaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Discovery Learning terhadap Sikap Ilmiah, Berpikir Kritis dan Hasil Kognitif SMP 2 Kepahiang
Keywords:
Inkuiri Terbimbing, Discovery Learning, Berpikir Kritis, Sikap Ilmiah, Nilai KognitifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dengan discovery learning terhadap sikap ilmiah, berpikir kritis dan nilai kognitif di SMP 2 Kepahiang. Prosedur penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan perbandingan tiga metode pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh model pembelajaran Inkuiri terbimbing dengan Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Terdapat pengaruh model pembelajaran Inkuiri terbimbing dengan Discovery Learning terhadap sikap ilmiah siswa. Terdapat pengaruh model pembelajaran Inkuiri terbimbing dengan Discovery Learning terhadap nilai kogniktif siswa, Inkuiri terbimbing lebih efektif untuk meningkatkan hasil kognitif, berpikir krityis dan sikap ilmiah belajar siswa daripada metode pembelajaran Discovery Learning dan Konvensional.