Kemampuan Berpikir Reflektif dengan Mengunakan Model PBL Pada Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 2 Kepahiang

Authors

  • Meni Elpita
  • Irwandi Irwandi

Keywords:

Berpikir reflektif, sistem ekskresi, PBL, Pembelajaran Biologi, Konvensional.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  perbedaan kemampuan berpikir kritis, kreatif, danberpikir replektif siswa dalam pembelajaran biologi pada materi pembelajaran sistem ekskresi dengan mengunakan model PBL. Penelitian dilaksanakan di SMA 2 Kepahiang tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu  dengan rancangan pretest postest control group design. Instrumen pengambialan data berupa Tes kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan replektif. Tehnik analisis data yang digunakan adalah one way ANOVA yang dilanjutkan dengan Uji LDS pada tarip signifikan a= 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa:  (1) Terdapat perbedaanKemampuan berpikir Kritis, kreatif, replektif siswa antara pelaksanaan mengunakan Model PBL dan pembelajaran Konvensional. (2) Model PBL lebih baik dalam meningkatkan kemampuan berpikir replektif siswa jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Downloads

Published

2019-10-14

Issue

Section

Articles