Kemampuan Berpikir Reflektif dengan Mengunakan Model PBL Pada Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 2 Kepahiang
Keywords:
Berpikir reflektif, sistem ekskresi, PBL, Pembelajaran Biologi, Konvensional.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis, kreatif, danberpikir replektif siswa dalam pembelajaran biologi pada materi pembelajaran sistem ekskresi dengan mengunakan model PBL. Penelitian dilaksanakan di SMA 2 Kepahiang tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan pretest postest control group design. Instrumen pengambialan data berupa Tes kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan replektif. Tehnik analisis data yang digunakan adalah one way ANOVA yang dilanjutkan dengan Uji LDS pada tarip signifikan a= 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat perbedaanKemampuan berpikir Kritis, kreatif, replektif siswa antara pelaksanaan mengunakan Model PBL dan pembelajaran Konvensional. (2) Model PBL lebih baik dalam meningkatkan kemampuan berpikir replektif siswa jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.