Pengaruh Outdoor Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Lubuklinggau
Keywords:
Outdoor Learning, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Outdoor Learning terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 8 Lubuklinggau. Penelitian dilaksanakan pada mata pelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah true experimental dengan menggunakan desain control group pre-test post-test. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII.D yang berjumlah 29 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII.A yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tes berupa instrumen berbentuk tes essay dan teknik observasi berupa instrumen berbentuk lembar observasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji anova dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Ada pengaruh Outdoor Learning terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 8 Lubuklinggau