Pengaruh Gaya Belajar pada Pembelajaran Kooperatif terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 38 Seluma

Authors

  • Didartita Didartita
  • Irwandi Irwandi

Keywords:

Hasil belajar, pembelajaran kooperatif, pembelajaran konvensional, Pembelajaran IPA.

Abstract

Permasalahan dalam Penelitian ini apakah terdapat pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif pada siswa SMP Negeri 38 Seluma pada materi system ekskresi. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Sampel penelitian seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 38 Seluma tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 3 kelas, yang terdiri dari kelas VIII A, kelas VIII B, dan kelas VIIIC dengan jumlah 66 siswa, satu kelas sebagai eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes essai untuk mengukur hasil belajar. Kemudian data dianalisis menggunakan uji One Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh gaya belajar pada pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar siswa SMP N 38 Seluma yang terlihat dari hasil belajar pada kelas Jigsaw dan NHT yang mengalami peningkatan yang baik signifikan, sedangkan kelas konvensional hanya mengalami peningkatan sedikit, dengan pengaruh adanya gaya belajar.Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa biologi kelas VIII SMP Negeri 38 Seluma tahun ajaran 2018/2019. Kontribusi gaya belajar visual lebih tinggi dibandingakan dari gaya belajar auditorial, kinestetik, dan analitik terhadap hasil belajar siswa sebesar 66.96%. Hal ini berarti semakin tinggi siswa yang gemar membaca dan senang memperhatikan diagram-diagram maupun video tentang ekskresi maka akan meningkatkan hasil belajar siswa dengan gaya belajar visual sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Downloads

Published

2019-10-14

Issue

Section

Articles