Perbedaan Kognitif Belajar Siswa Menggunakan Model NHT Mata Pelajaran IPA di MTs Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan
Keywords:
Kemampuan Kognitif, kooperatif tipe NHT, Konvensional, Pembelajaran IPA.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan kognitif siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT di MTs Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah sebagian siswa kelas VIII di MTs Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan yang berjumlah 62 orang siswa yang terbagi ke dalam dua kelas, satu kelas sebagai eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Test Post-Test Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes untuk mengukur kemampuan kognitif belajar siswa. Kemudian data dianalisis menggunakan uji One Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh kemampuan kognitif siswa dengan menggunakan model pembelajarankooperatif tipe NHT dan pembelajaran konvensional di MTs Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan. terdapat pengaruh kemampuan kognitif siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik di MTs Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan. Model pembelajaran kooperatif tipe NHT merupakan model pembelajaran yang baik dibandingkan model pembelajaran yang lainnya sehingga diharapakan dapat diterapkan disekolah.