Kemampuan Kognitif Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Pada Pembelajaran IPA di SMP Negeri 23 Seluma

Authors

  • Atri Lestati
  • Irwandi Irwandi

Keywords:

Kemampuan Kognitif Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing, Konvensional.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan kognitif siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada pembelajaran IPA, Model Pembelajaran manakah yang lebih efektif untuk meningkatkan aktifitas belajar  siswa dan Model Pembelajaran manakah yang lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan kognitif   siswa pada pembelajaran IPA. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 18 Februari sampai dengan 18 Mei 2019. Sampel yang di ambil adalah siswa kelas VII SMP Negeri 23 Seluma. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen-semu (Quasi-experimental Research).Teknik penggumpulan data dengan tes tertulis (kemampuan kognitif siswa). Proses pembelajaran biologi menumbuhkan kemampuan Kognitif Siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Snowball Throwing karena mengalami peningkatan skor presentase rata-rata pretest dan postest di kedua kelas, yaitu Pada model pembelajaran Snowball Throwing hasil pretest 53,62 dan postest 83,07,  sedangkan model pebelajaran konvensional 52,14 dan posttest 74,03. Berdasarkan hasil uji anava satu jalur diperoleh Fhitung 3,354 > Ftabel 3,12 maka Ho ditolak artinya signifikan (Ada perbedaan hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran biologi) dan berdasarkan Uji BNT (Beda nyata terkecil) menyatakan bahwa ada perbedaan kemampuan kognitif siswa yang di ajarkan mengunakan model Snowball Throwing dan konvensional.

Downloads

Published

2019-10-14

Issue

Section

Articles