Pengembangan Power Point Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Model Pembelajaran Direct Instruction Pada Pembelajaran IPA di SMPN 24 Seluma

Authors

  • Parni Parni
  • Parni Parni
  • Kashardi Kashardi
  • Santoso Santoso

Keywords:

kemampuan kognitif, Media Power Point

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemmpuan kognitif melalui pengembangan Multi Media Power Point pada pembelajaran biologi di SMPN 24 Seluma. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Pebruari-Maret 2019. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model 4-D (four-D). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah  angket praktikalitas, lembar tes mengukur kognitif siswa, Dari  hasil  validasi  tersebut  maka  secara  keseluruhan  media  powerpoint  dalam pembelajaran  biologi  b mendapatkan  skor  dengan  rata-rata  82,60%  dikategorikan  valid  digunakan  dalam  pembelajaran, dari kepraktisan penggunaan media berdasarkan respon  siswa uji terbatas mendapatkan skor rata-rata 87,50% sedangkan uji luas mendapat skor rata-rata 90 % dikategorikan  sangat  praktis, sedangkan hasil kognitif siswa  uji terbatas pre-test  rata-rata  skor  45,99%  dan  untuk  skor  pos-test  rata-rata sebesar  80,00 %,  sedangkan  pada  saat  uji  coba  luas skor  pre-test  rata-rata 42,50 %  dan  skor  post-test rata-rata sebesar  87,50 % artinya terdapat peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada saat menggunakan media power point.

Downloads

Published

2019-10-14

Issue

Section

Articles