Pengembangan Power Point Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Model Pembelajaran Direct Instruction Pada Pembelajaran IPA di SMPN 24 Seluma
Keywords:
kemampuan kognitif, Media Power PointAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemmpuan kognitif melalui pengembangan Multi Media Power Point pada pembelajaran biologi di SMPN 24 Seluma. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Pebruari-Maret 2019. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model 4-D (four-D). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket praktikalitas, lembar tes mengukur kognitif siswa, Dari hasil validasi tersebut maka secara keseluruhan media powerpoint dalam pembelajaran biologi b mendapatkan skor dengan rata-rata 82,60% dikategorikan valid digunakan dalam pembelajaran, dari kepraktisan penggunaan media berdasarkan respon siswa uji terbatas mendapatkan skor rata-rata 87,50% sedangkan uji luas mendapat skor rata-rata 90 % dikategorikan sangat praktis, sedangkan hasil kognitif siswa uji terbatas pre-test rata-rata skor 45,99% dan untuk skor pos-test rata-rata sebesar 80,00 %, sedangkan pada saat uji coba luas skor pre-test rata-rata 42,50 % dan skor post-test rata-rata sebesar 87,50 % artinya terdapat peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada saat menggunakan media power point.