Pelatihan Praktikum IPA Terpadu dengan Memanfaatkan Bahan-Bahan Sekitar Lingkungan di SMP Katolik St. Agustinus Adisucipto dan SMP Angkasa Kupang

Authors

  • Faderina Komisia
  • Maria Benedikta Tukan
  • Maria Novita Inya Buku

Keywords:

Pelatihan, SMP Katolik St. Agustinus Adisucipto, SMP Angkasa Kupang, praktikum IPA Terpadu, dan bahan-bahan sekitar lingkungan

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan pemahaman siswa tentang materi IPA Terpadu dan keterampilan siswa dalam melakukan percobaan-percobaan melalui praktikum IPA Terpadu dengan memanfaatkan bahan-bahan sekitar lingkungan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah praktikum dan diskusi. Teknik pengumpulan data yaitu kuesioner (angket) untuk mengetahui (1) persepsi siswa terhadap persiapan kegiatan praktikum IPA Terpadu dengan memanfaatkan bahan-bahan sekitar lingkungan, (2) persepsi siswa terhadap pelaksanaan kegiatan praktikum IPA Terpadu dengan memanfaatkan bahan-bahan sekitar lingkungan, (3) persepsi siswa terhadap penutupan kegiatan praktikum IPA Terpadu dengan memanfaatkan bahan-bahan sekitar lingkungan. Kegiatan PKM ini dilakukan pada bulan Mei 2019. Sampel dalam kegiatan PKM ini yaitu siswa kelas VII-A sebanyak 29 siswa dan VIII-A sebanyak 24 siswa SMP Katolik St. Agustinus Adisucipto Kupang dan siswa kelas VII-B sebanyak 24 siswa dan VIII-A sebanyak 24 siswa SMP Angkasa Kupang. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket. Angket yang telah diisi siswa dianalisis dengan teknik persentase. Hasil analisis angket persepsi siswa yang diperoleh yaitu (1) persepsi siswa terhadap persiapan kegiatan praktikum IPA Terpadu dengan memanfaatkan bahan-bahan sekitar lingkungan termasuk dalam kategori baik (75,44%), (2) persepsi siswa terhadap pelaksanaan kegiatan praktikum IPA Terpadu dengan memanfaatkan bahan-bahan sekitar lingkungan termasuk dalam kategori sangat baik (82,77%), (3) persepsi siswa terhadap penutupan kegiatan praktikum IPA Terpadu dengan memanfaatkan bahan-bahan sekitar lingkungan termasuk dalam kategori sangat baik (77,079%). Melalui kegiatan praktikum, siswa terampil dalam mempersiapkan, menggunakan dan menyimpan alat dan bahan praktikum, mampu memahami materi IPA Terpadu melalui percobaan-percobaan yang dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan sekitar lingkungan, serta mampu menjelaskan hasil dari praktikum yang sudah dilakukan dalam bentuk laporan praktikum.

Downloads

Published

2019-10-14

Issue

Section

Articles