Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Biologi dengan Menggunakan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) di SMAN 2 Bengkulu Tengah
Keywords:
Kemampuan Berpikir Kritis, PBL, PjBLAbstract
Pendidikan adalah suatu proses dalam rangka mempengaruhi peserta didik supaya mampu menyesuaikan diri sebaik mungkin dengan lingkungannya, dan dengan demikian akan menimbulkan perubahan dalam dirinya yang memungkinkan untuk berfungsi secara nyata dalam kehidupan masyarakat. Pendidikan bagi kehidupan umat manusia merupakan kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi sepanjang hayat. Tanpa pendidikan sama sekali mustahil suatu kelompok manusia dalam hidup berkembang sejalan dengan aspirasi (cita-cita) untuk maju, sejahtera dan bahagia menurut konsep pandangan hidup mereka Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Materi Ekosistem Dengan Menggunakan Problem Based Learning (PBL) Dan Project Based Learning (PjBL) di SMA Negeri 2 Bengkulu Tengah. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 2 Bengkulu tengah yang berjumlah 93 orang siswa yang terbagi ke dalam tiga kelas, dua kelas sebagai eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Test Post-Test Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes essai untuk mengukur kemampuan berpikir kritis. Kemudian data dianalisis menggunakan uji One Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat perbedaan kemampuan bewrpikir kritis siswa dan motivasi siswa pada mata pelajaran Biologi dengan menggunakan Problem Based Learning (PBL), Project Based Learning (PjBL) dan konvensional. Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) lebih baik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dibandingkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Konvensional. sedangkan Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih baik dalam meningkatkan siswa dibandingkan dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan Konvensional.