Pengembangan Buku Ajar Berbasis PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) Melalui Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Dan Karakter Siswa SMPN 6 Seluma

Authors

  • Desi Rosita Sari
  • Rusdi Hasan
  • Nasral Tanjung

Keywords:

Buku ajar, PBL, Berpikir kritis, Karakter

Abstract

Pengembangan buku ajar dapat dicapai  dengan adanya kualitas pembelajaran mulai dari model dan media pembelajaran yang disediakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pengembangan buku ajar  materi pemanasan global untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, dan karakter siswa. Produk yang dihasilkan sebuah buku ajar berupa materi pemanasan global yang valid dan praktis,  dengan menggunakan pengembangan Four-D yang terdiri  pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop) dan penyebaran (Disseminate). Populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah 87 siswa yang terbagi dari tiga kelas, untuk uji kecil berjumlah 15 orang dan uji besar berjumlah 72 orang yang terbagi menjadi 3 kelas untuk uji kecil diambil dari satu kelas yang memiliki kemampuan tinggi, sedang, dan rendah (daftar nilai guru). Sedangkan uji besar seluruh siswa dari dua kelas, alat ukur yang digunakan untuk pengambilan data yaitu soal berpikir kritis yang terdiri dari 15 soal sedangkan karakter,dan buku menggunakan angket.Kemudian data soal essay berpikir kritis dianalisis dengan menentukan nilai rata-rata yang dibandingkan dengan pengkatagorian meningkat atau tidaknya berpikir kritis siswa, menggunakan uji T-test (Paired Sample test) untuk karakter dan buku ajar dihitung secara manual. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa meningkatnyakemampuan berpikir kritis, dan karakter siswa yang signifikan terhadap pengembangan buku ajar pemanasan global pada siswa SMPN 6 Seluma

Downloads

Published

2019-10-14

Issue

Section

Articles