Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran PBL dengan Media Audio Visual di SMP Negeri 6 Bengkulu Tengah
Keywords:
Problem Based Learning (PBL), audio visual, berfikir kritis.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan media audio pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritisĀ siswa diĀ SMP Negeri 6 Bengkulu Tengah. Penelitian dilakukan pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan pretest-postest desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelas VII SMP Negeri 6 Bengkulu tengah, sedangkan sampel adalah siswa kelas VII yang barjumlah 82 orang yang terbagi dalam 3 kelas yaitu kelas VII A, VII B, dan VII C. Pembelajaran pada kelas eksperimen I menggunakan model pembelajaranĀ PBL dengan media audio visual, pada kelas eksperimen II menggunakan PBL, dan pada kelas kontrol pembelajaran dilakukan dengan pembelajaran konvensional. Metode pengumpulan data untuk mengukur kemampuan berfikir kritis siswa menggunakan tes berbentuk essay. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji anava satu jalur dengan bantuan software IBM SPSS Statistik 22. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran PBL dengan media audio visual lebih baik dalam meningkatkan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan menggunakan model PBL dan pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual pada pembelajaran PBL secara signifikan berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SPM Negeri 6 Bengkulu Selatan.