Pengembangan Buku Ajar untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan 4C (Critical, Creative, Collaborative, Communicative) melalui Model PBL pada Pembelajaran Biologi di SMP 5 Seluma

Authors

  • Deti Susanti
  • Risnanosanti Risnanosanti

Keywords:

Buku Ajar, Problem Based Learning (PBL), kemampuan 4C.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku ajar biologi  kelas VIII SMP untuk menumbuhkembangkan kemampuan 4C melalui model problem based learning (PBL). Buku Ajar ini memuat langkah-langkah Problem Based Learning (PBL) dan indikator dari kemampuan 4C. Pengembangan buku ajar menggunakan model pengembangan Four-D, yang terdiri atas 4 tahap utama yaitu pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop), dan penyebaran (Desseminate). Subjek uji coba terdiri dari 1 sekolah dengan kategori yang sama yaitu SMP N 5 Seluma. Ujicoba terbatas dilaksanakan di kelas VIII2,VIII3, dan VIII6 yang masing-masing lima siswa yang mewakili masing-masing kelas. Sedangkan untuk ujiluas dilakukan di  SMP Negeri 5 kelas VIII 1.  Instrumen penilain menggunakan adalah hasil validasi ahli, angket respon peserta didik, dan hasil kemampuan kemampuan 4C peserta didik. Data hasil uji luas dianalisis dengan menggunakan uji-t (Paired Sample Test). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pengembangan buku ajar terhadap kemampuan kemampuan 4C peserta didik. Hasil penelitian diperoleh bahwa buku ajar yang di kembangkan telah valid, praktis dan efektif dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran di SMP.

Downloads

Published

2019-10-14

Issue

Section

Articles