Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Team Asisted Individualization dan Jigsaw.

Authors

  • Eva Muzakiroh

Keywords:

Team Assisted Individualization, Jigsaw, Keaktifan, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keaktifan dan hasil belajar kognitif  siswa dengan menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization dan Jigsaw pada materi sistem pencernaan manusia. Penelitian ini dilaksanakan di MTS AL Hikmah Proto Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini berjenis eksperimen semu dengan desain non equivalent group pretes-posttest. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelompok yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen I dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen II menggunakan model pembelajaran Jigsaw. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sampling dengan jenis cluster sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji t. pada kelas eksperimen I saat pretest diperoleh L0 = 0,032 dan pada posttest  L0 = 0,002. Sedangkan pada kelas eksperimen II saat pretest diperoleh L0 = 0,029 dan pada posttest L0 = 0,006. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat perbedaan keaktifan dan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem pencernaan pada manusia dengan menggunakan model Team Assisted Individualization dan Jigsaw di mana model pembelajaran Jigsaw memiliki nilai tertinggi untuk keaktifan belajar sebesar 79,5 dan hasil belajar kognitif siswa sebesar 81,8 %.

Downloads

Published

2022-12-27

Issue

Section

Articles