Regulasi Diri Indikator Metakognitif dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X MIPA pada Mata Pelajaran Biologi Menggunakan Aplikasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran di SMA Negeri 1 Tayu

Authors

  • Meilinda Nikmah Widiastuty
  • Sumarno
  • Lussana Rossita Dewi

Keywords:

Mata pelajaran biologi, Motivasi belajar, Metakognitif, Regulasi diri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui regulasi diri pada indikator metakognitif dan motivasi belajar siswa kelas X MIPA pada mata pelajaran biologi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tayu pada siswa kelas X MIPA. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif desktiptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling yaitu pengambilan sampel secara acak dari populasi karena populasi dianggap homogen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah kuesioner/angket dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa regulasi diri (self regulation) indikator metakognitif peserta didik berada pada kategori tinggi. Hal ini ditunjukkan oleh data yaitu 633% atau 38 orang. Motivasi belajar peserta didik berada pada kategori tinggi. Hal ini ditunjukkan oleh data yaitu subjek dengan kategori tinggi lebih banyak dibandingkan dengan kategori yang lain yaitu sebanyak 60% atau 36 orang untuk indikator internal dan indikator eksternal sebanyak 62% atau 37 orang.

 

Downloads

Published

2022-12-27

Issue

Section

Articles