Peningkatan Lifelong Learning Siswa pada Materi Jamur Melalui Discovery Learning Berbantuan Lembar Kerja Saintifik

Authors

  • Rizki Suryatama
  • M. Syaipul Hayat
  • Dyah Ayu Widyastuti

Keywords:

Lifelong Learning, Materi Jamur, Discovery Learning, Lembar Kerja Saintifik

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan lifelong learning siswa pada materi jamur melalui discovery learning berbantuan lembar kerja saintifik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dan desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Hasil penelitian yang diperoleh, kemampuan lifelong learning siswa berdasarkan rerata n-gain pada kelas eksperimen adalah 0,39 dengan kategori sedang, sedangkan kelas kontrol terdapat rata-rata 0,04 dengan kategori rendah Uji-t independent, dengan hasil yang didapatkan yaitu adanya perbedaan secara signifikan kemampuan lifelong learning pada kelas eksperimen dan kontrol. Kemudian dari hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen terdapat rata-rata 0,24 dengan kategori rendah, sedangkan untuk kelompok kontrol terdapat rata-rata 0,33 dengan kategori sedang. Uji-t independent, dengan hasil yang didapatkan yaitu tidak adanya perbedaan secara signifikan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kontrol. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah dari kelima indikator hanya satu yang menonjol yaitu terdapat pada collaboration sudah menunjukkan peranan setiap siswa kerja sama tim dan totalitas yang baik. Namun dari hasil belajar kognitif hasil rerata N-gain kelas eksperimen terdapat rata-rata 0,24 dengan kategori rendah, sedangkan untuk kelas kontrol terdapat rata-rata 0,33 dengan kategori sedang.

Downloads

Published

2022-12-27

Issue

Section

Articles