Pengaruh Model Pembelajaran Stad Berbantuan Powtoon Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Sikap Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan

Authors

  • Yohan Hendra Pratama
  • Muhamad Syaipul Hayat
  • Praptining Rahayu

Keywords:

pemahaman konsep, powtoon, sikap siswa, stad

Abstract

Penggunaan media pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga perlu adanya variasi baru dalam penerapan media pembelajaran yang dapat berpengaruh meningkatkan pemahaman konsep dan hasil sikap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD berbantuan powtoon Pada materi pencemaran lingkungan dalam meningkatkan pemahaman konsep danĀ  sikap siswa kelas VII di Smp Negeri 29 Semarang tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 29 Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling (secara acak). Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII A dan VII B. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan rancangan penelitian dua kelompok sampel yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan penggunaan media pembelajaran powtoon. Sedangkan pada kelas kontrol menggunakan metode powerpoint. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan media pembelajaran powtoon pada materi pencemaran lingkungan dalam meningkatkan pemahaman konsep dan hasil sikap siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian uji t pada hasil belajar kognitif yang menunjukkan thitung (2,866) dan ttabel pada taraf signifikan 5% yaitu (1,997) yang berarti thitung > ttabel (2,866 > 1,992) dan uji t hasil belajar afektif menunjukkan thitung (2,884) dan ttabel pada taraf signifikan 5% yaitu (2,306) yang berarti thitung > ttabel (2,884>2,306). maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran STAD berbantuan powtoon pada materi pencemaran lingkungan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil sikap siswa dibandingkan dengan metode konvensional (powerpoint).

Downloads

Published

2022-12-27

Issue

Section

Articles