METAKOGNISI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERBASIS PISA PADA KONTEN QUANTITY

Authors

  • Muhammad Noor Kholid Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Febrianto Febrianto Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Swasti Maharani Universitas PGRI Madiun

Keywords:

Metakognisi, Soal Matematika, PISA, Quantity

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan pengetahuan metakognisi dan keterampilan metakognisi siswa dalam menyelesaikan  soal matematika berbasis PISA pada konten quantity, jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas IX A SMP Negeri 2 Baturetno tahun ajaran 2017/2018 dengan mengambil 3 siswa sebagai subyek penelitian dengan kategori tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan pengumpulan data tes, rekaman video dan wawancara. Keabsahan data menggunakan triangulasi data, tringulasi sumber dan validasi kesesuaian bahasa. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pengetahuan metakognisi, siswa dengan kemampuan tinggi menunjukkan hasil yang sama dengan siswa dengan kemampuan sedang yaitu memenuhi semua sub indikator yang ada kecuali sub indikator memahami alternatif penyelesaian masalah. Siswa dengan kemampuan rendah hanya memenuhi sub indikator memahami apa yang diketahui, apa yang tidak diketahui dan memahami metode penyelesaian masalah, (2) keterampilan metakognisi, siswa dengan kemampuan tinggi memenuhi semua indikator kecuali indikator pemantauan, siswa berkemampuan sedang hanya memenuhi indikator perencanaan, siswa dengan kemampuan rendah hanya mampu menuliskan sumber informasi dari permasalahan dan melakukan peninjauan ulang terhadap hasil yang diperoleh.

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Kholid, M. N., Febrianto, F., & Maharani, S. (2019). METAKOGNISI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERBASIS PISA PADA KONTEN QUANTITY. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 505–512. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/262

Issue

Section

Articles