Kajian Etnomatematika pada Alat Musik Gambang

Authors

  • Gabriela Alvina Maheswari Universitas Sanata Dharma
  • Endah Saraswati Universitas Sanata Dharma
  • Valeria Shinta Putri Iswidarti Iswidarti Universitas Sanata Dharma

Keywords:

Etnomatematika, Alat Musik, Gambang

Abstract

Indonesia kaya akan warisan budaya baik dari musik, tarian, dan rumah adat. Gambang adalah salah satu warisan budaya yang berasal dari Jawa Tengah. Gambang merupakan kesatuan dari gamelan. Suara yang khas membuat gambang tidak dapat dipisahkan dari alat musik gamelan lainnya. Kajian Etnomatematika memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai hubungan antara matematika dengan budaya khususnya pada penelitian ini adalah alat musik daerah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode wawancara oleh seseorang yang ahli dalam alat musik gambang. Tujuan penelitian adalah memberikan pemaparan mengenai volume dan luas permukaan dari alat musik Gambang yang mempengaruhi bunyi pada alat musik ketika dipukul. Hasil penelitian ini adalah regresi yang dihasilkan antara ukuran panjang, lebar, dan tebal dari bilah-bilah Gambang dengan nilai frekuensinya dan dihasilkan persamaan regeresi berganda dan eksponensial dari data yang ada adalah

                Persamaan regeresi berganda dan eksponensial yang telah ditemukan dapat digunakan untuk membantu para pengrajin gamelan dalam membuat alat musik Gambang terkhusus pada suara yang dihasilkan pada setiap bilah alat musik Gambang sehingga pengrajin Gambang tidak hanya menggunakan rasa tetapi menggunakan matematika dalam pembuatan alat musik Gambang.

References

Agatha Feviari Kristina Dewi, M. K. (2020). Pola Barisan Aritmetika pada Pukulan KetukanDalam Gending Ketawangdi Gamelan Yogyakarta. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Vol 1 No 1.

Amin Budiman. 1975. Semarang Sepanjang Jalan Kenangan. Kerjasama PEMDA DATI II Semarang, Dewan Kesenian Jawa Tengah dan Aktor Studio Semarang.

Anak Musik. (2015). 12 Alat Musik Tradisional Jawa Tengah dan Penjelasannya. Dipetik September 22,2016, dari http://www.anakmusik.com/2015/08/alat-musik-tradisional-jawa-tengah.html

Bishop, A.J. (1994). Cultural Conflicts in Mathematics Education: Developing a Research Agenda. For the Learning Mathematics Vol. 14 No. 2.

Gleda, F. (2017). PEMBUATAN APLIKASI ALAT MUSIK TRADISIONAL GAMBANG. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, Vol. 6 No.2 .

Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group.

Sarwoedi, D. O. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, Vol. 03 No. 02.

Septiyan, D. D. (2016). Eksistensi Kesenian Gambang Semarang dalam Budaya Semarangan. Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni, Vol.1, No.2.

Tiawan, A. (2014). Gambang Kromong-Perpaduan Orkes Betawi dengan Tinghoa. Dipetik September 22, 2016 dari http://www.detikblog.com/2014/10/gambang-kromong-perpaduan-orkes-has.html

Yusuf, Mohammed Waziri, dkk. 2010. Ethnomatematics (a Mathematical Game in Hausa Culture). International Journal of Mathematical Science Education Technomethematics Research Foundation. http://www.tmrfindia.org/sutra/v3i16.pdf

Kurniawan, R. (2016). Analisis regresi. Prenada Media. https://www.google.com/books?hl=id&lr=&id=KcY-DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA43&dq=regresi&ots=criwwB0mQZ&sig=CdLXRhrtSnlXNIPvEJ6nxZI7dwU

Yudiaatmaja, F. (2013). Analisis Regresi Dengan Menggunakan Aplikasi Komputer Statistik. Gramedia Pustaka Utama. https://www.google.com/books?hl=id&lr=&id=0R5QDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=regresi&ots=exhRvscoX-&sig=zKN-lE6rczKWLs56siVEFNRyIPs

Utama, C. (2009). Dengan Pendekatan Matriks dalam Regresi. Bina Ekonomi, 13(1). https://journal.unpar.ac.id/index.php/BinaEkonomi/article/view/704

Downloads

Published

2022-12-22

How to Cite

Maheswari, G. A. ., Saraswati, E. ., & Iswidarti, V. S. P. I. (2022). Kajian Etnomatematika pada Alat Musik Gambang. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7, 87–99. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/3332

Issue

Section

Articles