ANALISIS KEMAMPUAN MULTIPLE REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP KELAS VII BERDASARKAN TEORI MULTIPLE INTELLIGENCES

Authors

  • Evita Kusumawati Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi Informasi, Universitas PGRI Semarang
  • Ida Dwijayanti Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi Informasi, Universitas PGRI Semarang
  • Rasiman Rasiman Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi Informasi, Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Multiple representasi, multiple intelligences

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan multiple representasi matematis siswa berdasarkan teori multiple intelligences pada kelas VII materi aritmatika sosial. Pelaksanaan penelitian dilakukan di SMP Negeri 4 Pati. Subjek pada penelitian ini 4 siswa, 2 siswa dengan kecerdasan di atas rata-rata dan 2 siswa dengan kecerdasan rata-rata yang diambil dari kelas VII-F SMP Negeri 4 Pati. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah purposive sampling. Untuk memperoleh data dilakukan Tes CFIT dan Tes kemampuan multiple representasi berupa soal uraian materi aritmatika sosial kemudian dilakukan wawancara terhadap subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kecerdasan di atas rata-rata terbantu dengan informasi yang diberikan pada soal sehingga siswa menjawab soal dengan menggunakan representasi verbal, simbolik, dan gambar. Siswa tidak kesulitan dalam menggunakan benda konkret, serta kemampuan menyusun permasalahan yang serupa dengan soal yang diberikan sudah baik. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kecerdasan rata-rata menjawab soal dengan menggunakan representasi verbal dengan kata-kata yang relevan tetapi terlalu singkat, dan siswa tidak menemui kesulitan untuk representasi simbolik, gambar, konkret, dan situasi situasi dunia nyata.

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Kusumawati, E., Dwijayanti, I., & Rasiman, R. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN MULTIPLE REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP KELAS VII BERDASARKAN TEORI MULTIPLE INTELLIGENCES. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 27–33. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/36

Issue

Section

Articles