ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP KELAS VIII DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT
Keywords:
Kemampuan Representasi Matematis, Gaya Kognitif, Field IndependentAbstract
Salah satu masalah penting dalam pembelajaran matematika adalah kemampuan representasi matematis. Pentingnya kemampuan representasi matematis dapat dilihat dari standar kemampuan representasi yang telah ditetapkan oleh NCTM 2000. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa SMP berdasarkan gaya kognitif Field Independent. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Welahan yang terdiri dari siswa yang berkemampuan representasi matematis dengan gaya kognitif Field Independent yang ditentukan berdasarkan Group Embedded Figures Test. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan secara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa dengan gaya kognitif Field Independent : (1) mampu menggambarkan atau mensketsakan gambar dengan baik serta dapat menganalisis dengan menggunakan bahasa sendiri secara lengkap dan jelas. (2) mampu menuliskan persamaan matematika atau simbol matematika dengan runtut serta dapat menganalisis dengan baik. (3) mampu menjelaskan langkah-langkah dalam menyelesaikan permasalahan yang ada pada soal dengan menggunakan bahasanya sendiri.